Satuan Pendidikan : SMK
NEGERI I KOTO XI TARUSAN
Kelas : X
Semester : I
Program Keahlian : Semua Program Keahlian
Mata Pelajaran : KKPI
Jumlah Pertemuan : 1 x Pertemuan
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mengoperasikan Pc Stand Alone
|
Mengoperasikan
Menajemen File
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tujuan Pembelajaran
|
1.
Menjelaskan perintah membuat folder,
melihat, mengubah dan menghapus sesuai dengan ketentuan
2.
Melakukan
Perintah menyalin, menghapus, dan
mengganti file dengan baik.
|
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu :
1. Pengertian
Menajeman file
2. Windows
Explorer
3. Jenis-jenia
ekstensi file
4. Membuat
file atau direktory
5. Menganti
nama file atau folder
6. Mengandakan
file atau folder
7. Memindahkan
file atau folder
8. Menghapus
file atau folder
9. Profertis
pada file
10. Mengatur
file
11. pencarian
|
Fakta :
1. Sistem
Operasi berbasis teks tidak dapat berjalan sebelum pemakai (user) memasukkan sistem operasi DOS.
2. Pada
saat ini Sistem Operasi berbasis teks secara khusus sudah tidak ditemukan lagi
di pasaran , akan tetapi pada sistem operasi windows 95,97 dan 98 masih dapat
ditemukan aplikasinya dengan menggunakanpasilitas Dos prompt yang short cutnya
tersimpan pada menu Accesoris.
Konsep :
1. Sistem
Komputer Hardware (input, proses, output, storage), Software, dan Brainware
Prinsip :
1. Perintah
Internal
2. Perintah
Eksternal
3. Directory
Prosedur :
1. Langkah
kerja menyalakan Komputer
2. Cara
kerja Sistem Operasi
3. Langkah
kerja perintah Internal Dos for Windows
4. Langkah
kerja perintah Eksternal Dos for Windows
5. Langkah kerja membuat Direktory
6. Langkah
kerja mematikan komputer
Alokasi Waktu
Beban
Belajar
|
Waktu
|
Bentuk
Kegiatan / Tugas
|
TM
|
90
Menit
|
Kajian
referensi, pemberian informasi, tanya jawab, pengerjaan soal-soal praktik,
dan evaluasi (Teori dan Praktik)
|
PT
|
Melaksanakan praktik sesuai dengan Job Sheet yang diberikan
|
|
KMTT
|
Menjawab
soal-soal yang terdapat pada modul
|
Metode
Pembelajaran :
1. Metode Kelompok (Partisipatori)
2.
Demonstrasi
3.
Penugasan
4.
Pratikum di Labor Komputer
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan 1
Penilaian
Hasil Belajar : Penilaian hasil belajar ini dilakukan
KEGIATAN
|
WAKTU
|
PERALATAN
PENDUKUNG
|
A. Pendahuluan
1. Mengulas
kembali materi yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
2.
Guru
menggali pengetahuan peserta didik tentang materi yang akan dipelajari.
3.
Memberikan
motivasi dan menyampaikan manfaat dalam kehidupan sehari-hari agar peserta
didik dapat mengikuti pelajaran dengan baik.
4.
Guru meminta peserta didik untuk duduk berkelompok
di depan komputer agar dapat mengikuti setiap langkah-langkah yang dijelaskan
oleh guru.
|
10 Menit
|
Buku Absen
|
B. Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
1) Peserta didik mempelajari kembali perintah membuat,
melihat, mengubah dan menghapus folder/directory (MD, CD, RD) dalam
flashdisk.
2) Peserta didik mempelajari kembali perintah menyalin
file ke dalam direktori/folder,
mengganti nama dan menghapus file atau folder yang ada di dalam
direktori/folder pada Flashdisk.
1) Peserta didik mendemonstrasikan langkah membuat,
melihat, mengubah dan menghapus folder/directory (MD, CD, RD) dalam
flashdisk.
2) Peserta didik mendemonstrasikan langkah menyalin file
ke dalam direktori/folder, mengganti
nama dan menghapus file atau folder yang ada di dalam direktori/folder pada Flashdisk
.
2. Elaborasi
1) Guru memberikan tugas praktik berupa job sheet untuk
dipraktikkan oleh peserta didik.
2) Peserta didik mempraktikkan langkah membuat, melihat,
mengubah dan menghapus folder/directory (MD, CD, RD), langkah menyalin file
ke dalam direktori/folder, mengganti
nama dan menghapus file atau folder yang ada di dalam direktori/folder pada
flashdisk secara bergantian dalam waktu 30 menit (satu komputer terdiri dari dua orang dan mereka bekerja secara
kelompok namun penilaian secara individu).
3) Setelah 30 menit, peserta
didik diminta bergantian.
4) Guru membimbing peserta didik dalam melakukan
praktik dan memberikan reward kepada peserta didik yang bisa menyelesaikan
tugas sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.
5) Peserta didik yang telah melakukan praktik harus
menjawab soal yang diberikan oleh guru.
3. Konfirmasi
1) Guru memeriksa dan menilai hasil pekerjaan peserta
didik sesuai dengan format penilaian yang telah disediakan.
2) Guru memberikan umpan balik positif atau penguatan
terhadap hasil kerja peserta didik.
3) Guru memberikan waktu kepada peserta didik untuk tanya
jawab seputar materi dan praktik yang telah diberikan.
4) Membahas kembali materi yang belum dimengerti oleh
peserta didik.
|
20
Menit
40
Menit
10
Menit
|
·
PC/ Laptop
·
LCD Proyektor
·
Modul
/ bahan ajar / Buku Referensi
·
Sistem
Operasi DOS
·
Flashdisk
|
C. Penutup
1. Menyimpulkan materi yang telah diberikan bersama-sama
dengan peserta didik.
2. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
3. Memberikan tugas kepada peserta didik untuk membaca
materi pertemuan berikutnya.
4. Menutup pelajaran.
|
10
Menit
|
berdasarkan :
1. Tes
Objektif, yang meliputi aspek :
1. Tuliskan langkah-langkah membuka folder?
2. Tuliskan langkah-langkah menghapus folder?
3. Tuliskan 7 macam ekstensi file?
2. Tes
Praktik
Diketahui
bagan direktori dan subdirektori sebagai berikut :
MOBIL
|
SUZUKI
|
|
HONDA
|
APV
|
ESCUDO
|
YARIS
|
CIVIC
|
AVANZA
|
GENIO
|
1.
Buatlah Direktori dan
subdirektori berdasarkan bagan 1 di atas di dalam flashdisk anda !
2.
Copy
file :
a. ATTRIB.EXE
b. FORMAT.COM
c. CHOICE.COM
ke dalam subdirektori AVANZA (Level 3) !
3.
Ganti atau ubah nama
file yang dicopykan tersebut menjadi : ASMARA,
AURA, KASIH !
4.
Hapus Direktori dan
subdisrektori pada bagan di atas !
3. Tugas
Job Sheet
Job Sheet terlampir
Sumber Belajar :
- Ahmad Kusnandar, Alamsyah. MK. 1999. Pelajaran
Komputer SMK. Bandung : Armico
- Edi Purwanto dan Sri Murtono. 2003. Teknologi
Informasi dan Komunikasi Kelas 1 SMA. Surakarta:Yudhistira
- Modul Pembelajaran KKPI Dikmenjur DKI. Jakarta. 2005
- Buku Panduan KKPI
- www.Ilmukomputer.com
- Menu HelpMedan, 05 September 2012
Risa Arif, S.Pd
Mana MOdulnya bU?
BalasHapusnyusul pak...
Hapus